Selasa, 09 Februari 2016

Takut Mandi Malam? Coba Baca ini

Manfaat Mandi Air Hangat Saat Malam Hari – Mandi merupakan ritual membersihkan diri dari kotoran. Bagaimana jika mandi Anda lakukan di malam hari, apakah boleh? Tentu saja boleh, hanya saja gunakan air hangat untuk mengantisipasi gejala penyakit rematik hinggap di tubuh Anda.

Melakukan mandi ketika malam hari ternyata memiliki khasiat dan manfaat sehat untuk tubuh. Salah satunya adalah membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Tidur nyenyak yang berkualitas sangat diperlukan bagi Anda yeng memiliki aktivitas padat. Pekerja kantor maupun pelaku bisnis, biasanya pulang ke rumah ketika sudah larut malam. Peluh, keringat dan bau badan menempel di baju, bahkan kulit berasa tidak nyaman.

Mandi menjadi solusi utama membuat badan Anda segar kembali. Sebelum memulai mandi, sebaiknya hilangkan dahulu keringat Anda. Hal ini untuk menghindari tubuh Anda terserang masuk angin meski sudah menggunakan air hangat ketika mandi.

Beristirahatlah dahulu setelah sampai di rumah sebelum memulai membersihkan badan sambil memasak air panas jika Anda belum memiliki pemanas air tenaga surya (Electric Water Heater). Kinerja otak Anda juga butuh istirahat, bercanda-ria dengan anak-istri mampu mengurangi stress otak dan fikiran menjadi fresh. Otomatis keadaan tubuh Anda ikut segar kembali. Saat inilah Anda bisa melakukan mandi malam dengan air hangat.

Apa Saja Khasiat Mandi Air Hangat Saat Malam Hari?
Menurut sumber terpercaya, mandi malam hari dengan air hangat dan berendam selama kurang-lebih 15 menit per hari nya mampu meredakan kecemasan, karena tubuh Anda menjadi lebih rileks dan segar. Jadi, tidak perlu takut lagi mandi di malam hari mengenai mitos bisa menimbulkan rematik jika dilakukan dengan benar yaitu memakai air hangat secukupnya.

Berikut 4 Khasiat dan Manfaat Mandi Air Hangat Saat Malam Hari;

Mampu meningkatkan kualitas tidur
Mandi air hangat akan meningkatkan sementara suhu tubuh untuk kemudian perlahan turun saat beradaptasi dengan hawa dingin. Ketika tubuh Anda mulai terhampar di atas kasur, Anda akan merasa lebih nyaman setelah mandi malam. Dimana suhu tubuh Anda akan turun untuk memproduksi melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak.

Kinerja otak meningkat tajam
Hal ini bisa Anda lakukan dengan menambahkan wewangian khusus yang dicampur dalam bak berisi air hangat untuk mandi dan berendam. Disinyalir aroma minyak esensial mampu meningkatkan daya ingat dan mengurangi depresi otak.

Mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit Flu
Mandi air hangat di malam hari juga bermanfaat untuk melegakan hidung yang tersumbat dan meradakan nyeri tubuh. Beda lagi jika Anda menggunakan air dingin biasa untuk mandi saat malam hari. Bukan rileks yang Anda peroleh, namun nyeri sendi dan tulang Anda akan terasa. Biasanya gejala awal masuk angin pada bagian punggung. Selain itu, sensasi rileks yang ditimbulkan setelah mandi air hangat dapat memicu pembentukan endorfin otak.

Dapat mengatasi kulit kering dan gatal-gatal
Membasuh badan dengan air hangat ketika malam hari juga bisa mengatasi kulit kering dan gatal-gatal. Penemuan baru dari para peneliti dunia, bahwa rendaman gandum murni yang dimasukkan ke dalam sebuah kantung kain kemudian diikat dan dimasukkan ke dalam air hangat untuk mandi, berkhasiat mengatasi inflamasi dan gatal di kulit. Sebab gandum murni memiliki kandungan avenanthramides yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Anda bisa berendam selama 15 hingga 20 menit setiap harinya.
Gatal-gatal pada kulit kering bisa diatasi juga dengan menuangkan beberapa sendok minyak Zaitun, sebab minyak ini juga memiliki fungsi membuat kulit lebih lembab seperti halnya sebuah lotion kulit. Alternatif termudah adalah memakai minyak kelapa, jika minyak Zaitun sulit didapat.
Rata-rata seseorang akan mengalami masalah malas ketika harus membersihkan diri dengan mandi air hangat di malam hari. Rasa capek setelah beraktivitas seharian menjadi penyebab utama Anda bermalas-malasan, padahal yang harus Anda lakukan itu baik untuk menjaga kebugaran organ tubuh. Jika bukan Anda sendiri yang melakukan, terus siapa lagi?
Masih takut mandi malam? semoga info diatas bermanfaat.. Maturnuwun.

2 komentar: